Tugas Seorang Operator Tambang - SHE Kalimantan
Tugas Seorang Operator Tambang

Tugas Seorang Operator Tambang

Apa itu Operator tambang ? Operator tambang merupakan seseorang  yang mempunyai keterampilan yang khusus untuk menjalankan alat-alat berat. Ada beberapa alat berat yang biasa di kemudikan oleh operator salah satunya Excavator dan lain sebagainya.Saat ini, penggunaan alat berat sudah semakin banyak untuk berbagai keperluan di bidang industri dan jasa. Kompetensi ini meyebabkan kecelakaan yang nantinya dapat mengakibatkan kecelakaan hingga kehilangan nyawa ketika hendak berhati-hati saat mengoperasikan alat berat. 

Adapun tugas operator yang dilakukan saat dilapangan, Lalu apa saja sih tugas Operator Pertambangan ?

  1. Melakukan Pemeriksaan Harian Sebelum mengoperasikan alat, seorang operator alat wajib melakukan pemeriksaan alat. Pemeriksaan tersebut biasanya disebut Pengecekan dan Perawatan Harian (P2H).
  2. Mengoperasikan Alat Berat sesuai Prosedur Mengoperasikan alat sesuai dengan Spesifikasi & Strandar Operational Prosedur (SOP) Perusahaan. Serta mematuhi Rencana kerja harian.
  3. Melaporkan jika ada Kendala & Kondisi tidak aman Melaporkan jika terjadi Tindakan & Kondisi tidak aman kepada pengawas lapangan. Seperti kerusakan alat, pelanggaran prosedur, dsb.
  4. Melaporkan jika ada Kendala & Kondisi tidak aman Melaporkan jika terjadi Tindakan & Kondisi tidak aman kepada pengawas lapangan.Seperti kerusakan alat, pelanggaran prosedur, dsb.
  5. Merawat alat berat yang digunakan Wajib merawat alat berat dengan cara menggunakan sesuai prosedur yang telah ditentukan.Seperti mematuhi standar kecepatan, lokasi parkir, dll.
  6. Mematikan mesin saat tidak digunakan Memastikan posisi mesin mati saat tidak digunakan atau ketika menggantung terlalu lama di front.

Seorang operator tambang harus mempunyai SIM atau Surat Izin Mengemudi klasifikasi B II. SIM B II bisa didapatkan setelah yang bersangkutan memiliki SIM A kurang lebih 1 tahun dan juga operator harus memiliki lisensi atau Sertifikasi SIO. SIO ini adalah Surat Izin Operator yang bersertifikat dan diberikan berkaitan dengan izin seseorang dalam mengoperasikan Alat Angkat dan Angkut.

Operator juga berwenang menjaga dan membersihkan alat unit yang telah dipakai. Perawatan dan perbaikan alat berat yang dimana penyiapan tenaga pemeliharaan nya  dikuasai oleh perusahaan agen tunggal yang mengembang standar keterampilannya sesuai dengan versi perusahaan masing-masing.

Ini terjadi dikarenakan belum adanya suatu standar kompetensi nasional tentang pengoperasian tentang alat berat untuk bidang kontruksi, transportasi, tambang maupun sektor logging serta standar kompetensi nasional perawatan dan reparasi peralatan alat berat.

Profesi ini bisa di bilang bukan profesi populer dikalangan masyarakat, tapi bayaran yang didapatkan tergolong tinggi. Misalnya diluar negeri bayaran didapatkan untuk seorang operator alat berat di pertambangan per tahun bernilai sangat tinggi. Dari yang level pemula sampai dengan yang berpengalaman. Profesi operator tambang ini juga memiliki sebuah jenjang karir. Jenjang karir Profesi ini dimulai awal pada operator junior dan bertahap ke Operator senior, Pengawas lapangan, penanggung jawab lapangan, penanggung jawab keamanan hingga menjadi seorang pelatih.

Mungkin itu beberapa informasi yang terkait dengan Tugas Operator Tambang. Di negara kita sendiri, sektor tambang menjadi salah satu industri pemegang kendali perekonomian. Jadi, anda tidak usah ragu untuk mengambil profesi yang berkaitan dengan industri pertambangan, karena sudah jelas akan menguntungkan anda.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HEAD OFFICE

  • +62 542 851 0529
  • info@prosyd.co.id
  • Ruko Perum Pelangi B-Point Blok C – 2
    Jln. Syarifuddin Yoes, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

CONTACT US

Best Natural Steroid and Supplement Reviews for Men and Woman winstrol pills price now you can buy ed reviews pills [max performer] anabolic testosterone booster tribulus pills for sale online ethics first