Mengenal Bahaya Di Ruang Terbatas (Confined Space)

Mengenal Bahaya Di Ruang Terbatas (Confined Space)

Ruang terbatas di tempat kerja adalah tempat yang mungkin perlu dimasuki orang yang tidak dirancang untuk hunian manusia karena ukurannya. Orang masuk ke dalam ruang terbatas, tetapi tidak ada ruang yang cukup untuk bergerak dengan nyaman. Dalam banyak kasus, ruang terbatas juga berpotensi menyebabkan seseorang terjebak atau mengalami berbagai bahaya lain.

Memahami bahaya ruang terbatas dan bagaimana meminimalkan bahaya sangat penting untuk tempat kerja di mana pun area ini ada. Ketika dilakukan dengan benar, upaya keselamatan ruang terbatas dapat meminimalkan risiko yang terlibat untuk karyawan yang diminta untuk memasuki area ini.

1. Bahaya

Bagi banyak orang, ruang terbatas menyebabkan mereka merasa sangat sesak, yang membuatnya sulit untuk memasuki area tersebut. Namun, bagi yang lain, bukan masalah besar untuk memasuki area  yang paling sempit sekalipun. Seseorang tidak bisa mengandalkan tingkat kenyamanan seseorang untuk menentukan apakah ruang terbatas aman atau tidak.

Sekitar 100 orang meninggal setiap tahun karena ruang terbatas. Ada banyak bahaya yang terkait dengan bekerja di ruang terbatas yang harus diperhatikan oleh karyawan dan manajer keselamatan. Bahkan ketika karyawan tidak berpikir ada risiko nyata yang terlibat dengan ruang terbatas tertentu, tetap penting untuk memastikan semua orang menyadari bahaya tertentu.

Memasuki ruang terbatas perlu dilakukan dengan sangat Hati – hati untuk menghindari masalah, terutama di daerah yang sangat sempit. Mempertimbangkan hal-hal seperti jumlah udara yang tersedia, risiko terjebak, dan banyak lagi. Karyawan yang perlu masuk ke pipa besar, misalnya, harus memahami bahwa tubuh mereka dapat menghalangi  pasokan cahaya dan udara, sehingga mereka perlu suply udara dan penerangan.

Meluangkan waktu untuk menilai area pintu masuk untuk memastikan keamanannya juga sangat penting. Hal lain yang perlu dipikirkan ketika melihat area akses masuk ke ruang terbatas adalah membiarkan orang tahu bahwa seseorang sedang bekerja. Beberapa pintu masuk, seperti selokan, dapat ditutup atau ditutup untuk mencegah orang keluar. Namun, jika seseorang bekerja di ruang terbatas, menutupnya bisa menimbulkan bahaya nyata. Memasang label atau tanda sebelum masuk ke area terbatas dapat membantu menghindari risiko ini. 

1. Tanpa Ventilasi

Karena biasanya tidak ada ventilasi yang efektif di ruang terbatas,akan sangat mudah terpapar oleh gas yang berbahaya. Bahkan sejumlah kecil gas yang biasanya akan menghilang ke daerah sekitarnya dapat menjadi mematikan di ruang terbatas.

2. kekurangan oksigen

Ketika orang bekerja di daerah terbatas, mereka dapat dengan cepat kehilangan  oksigen yang tersedia. Ketika oksigen menjadi menipis, orang dapat menjadi pusing dan bahkan pingsan, yang dapat menyebabkan cedera atau bahkan kematian.

3. Perangkap

Sebagian besar ruang terbatas hanya memiliki satu titik masuk dan keluar. Jika itu diblokir atau tidak tersedia, karyawan dapat terjebak. Ada banyak cara agar seseorang bisa terjebak di area terbatas. Bahkan hanya dengan masuk ke bagian pipa atau gua yang menyusut dapat menyebabkan seseorang terjepit ke suatu daerah sehingga mereka tidak dapat melarikan diri.

4. Kebakaran atau Ledakan

Kebakaran dan ledakan menimbulkan bahaya besar di area terbatas. Orang tidak dapat dengan mudah melarikan diri, asap dapat menumpuk dengan sangat cepat, dan ledakan dapat menyebabkan area menjadi tidak stabil. Apakah itu gas yang menumpuk dan dipicu oleh percikan api atau bahan mudah terbakar lainnya yang menyala, melarikan diri jauh lebih sulit di area terbatas.

5. Ketidakstabilan

Di banyak area penyimpanan terbatas, produk bisa menjadi tidak stabil. Karyawan di daerah itu tidak akan memiliki tempat untuk melarikan diri jika barang tersebut  mulai jatuh.

6. Bahaya Listrik

Salah satu alasan paling umum untuk memasuki ruang terbatas adalah untuk mengerjakan peralatan listrik. Jika tidak ada banyak ruang, karyawan mungkin berisiko lebih besar untuk tersengat dengan menyentuh kabel. Di beberapa area terbatas, karyawan mungkin tidak memiliki tempat untuk bergerak, sehingga sengatan listrik akan berlanjut sampai listrik terputus. Ini bisa menjadi peristiwa yang mematikan.

Ini hanya beberapa dari banyak bahaya yang ada di ruang terbatas. Memahami semua bahaya potensial di suatu daerah sangat penting untuk merencanakan proses keselamatan yang efektif.

Print Friendly, PDF & Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

HEAD OFFICE

  • +62 542 851 0529
  • info@prosyd.co.id
  • Ruko Perum Pelangi B-Point Blok C – 2
    Jln. Syarifuddin Yoes, Kec. Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

CONTACT US