Safety helmet ini berfungsi untuk melindungi kepala dari benturan, pukulan, atau kejatuhan benda tajam dan berat yang melayang atau meluncur di udara. Helm ini juga bisa melindungi kepala dari radiasi panas, api, percikan bahan kimia ataupun suhu yang ekstrim. Ada delapan kode warna helm proyek yang secara umum dipergunakan untuk mengenali para pekerja berdasarkan posisi dan jobdesc atau deskripsi kerja mereka:

1. Helm Putih

Diawali dengan warna helm berwarna putih yang sebenarnya cukup jarang kita lihat saat iseng melewati pekerjaan proyek. Nyatanya warna helm putih seringkali dipakai untuk pekerja atau yang berposisi cukup tinggi, yaitu manajer, pengawas, insinyur, mandor. 

2. Helm Biru

Helm keselamatan warna biru dipakai oleh pekerja dengan posisi sebagai site supervisor, pekerja yang berhubungan dengan kelistrikan, operator teknis hingga pengawas sementara.

3. Helm Hijau

Hijau identik dengan lingkungan, termasuk pula untuk para pekerja yang mengenakan helm proyek ini yang biasanya berposisi sebagai pengawas lingkungan.

4. Helm Merah

Helm proyek berwarna merah biasanya dikenakan oleh pekerja yang berposisi sebagai safety officer atau petugas yang bertanggung jawab atas sistem keselamatan di area proyek agar memastikan sistem tersebut sudah terpasang dan berfungsi sesuai standar yang ditetapkan. Di beberapa negara, helm merah biasa dipakai untuk pemadam kebakaran.

5. Helm Coklat

Helm keselamatan warna cokelat biasanya dipakai oleh tukang las atau pekerja yang biasa mengaplikasikan alat dengan panas tinggi.

6. Helm Kuning

Helm proyek warna kuning bisa jadi adalah yang paling sering dilihat kita ketika melintasi pekerjaan proyek. Nyatanya helm tersebut dipakai oleh pekerja umum, operator, dan sub kontraktor.

7. Helm Orange

Helm berwarna oranye biasanya dipakai untuk tamu perusahaan yang sedang berkunjung ke area proyek. Namun, di beberapa negara, helm warna tersebut dipakai oleh pekerja yang bertugas sebagai operator alat berat dan tamu perusahaan memakai helm berwarna abu-abu.

8. Helm Orange

Helm berwarna pink atau merah muda mungkin jarang sekali dilihat oleh kita. Jelas, karena helm warna itu hanya dipakai untuk pekerja baru atau pekerja yang sedang jalani magang di area proyek tersebut.

Ketentuan tentang warna helm proyek mungkin berbeda di berbagai negara bahkan berbagai perusahaan. Namun, umumnya ada delapan warna helm keselamatan yang menjadi kode bagi kita untuk mengetahui pekerja berdasarkan posisi kerja mereka.Warna helm diatas merupakan warna helm yang dipakai secara umum oleh perusahaan dan telah disepakati oleh asosiasi terkait agar memudahkan mengidentifikasi perbedaan antara karyawan satu dengan lainnya. Warna helm yang dipakai juga berdasarkan ketentuan masing-masing perusahaan. Ingat, kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan kerusakan lingkungan, namun juga dapat mempengaruhi produktivitas dan kesejahteraan.

Print Friendly, PDF & Email
Scroll to Top